Outsourcing Jasa Akuntansi atau Kelola Sendiri?

Posted on October 22, 2014 ยท Posted in Accounting News & Blog

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh salah satu perusahaan riset di Inggris, outsourcing jasa akuntansi merupakan praktik yang lazim dan terus dilakukan oleh para CFO perusahaan di wilayah Amerika Serikat, Inggris, dan Kanada. Namun demikian, beberapa pelaku usaha yang kami temui di Indonesia beberapa waktu belakangan ini ternyata baru menyadari adanya outsourcing jasa akuntansi.

Selama ini para pemimpin perusahaan tersebut berpandangan bahwa proses akuntansi lebih baik dilakukan oleh staf akuntansi yang direkrut secara full-time. Pandangan tersebut berubah pada saat mereka sudah mencoba dan merasakan manfaat nyata dari outsourcing, diantaranya sebagai berikut:

1. Menghemat biaya overhead

Sekilas, menggunakan outsourcing jasa akuntansi terlihat sebagai tambahan biaya bagi perusahaan. Namun demikian, jika dibandingkan dengan biaya untuk menggaji seorang akuntan yang kompeten, beserta tunjangan, asuransi, dan uang pensiunnya, biaya untuk outsourcing ternyata jauh lebih murah. Outsourcing juga membebaskan perusahaan dari masalah rekrutmen, ketidakhadiran, turnover dan pelatihan karyawan.

2. Memberikan hasil yang lebih berkualitas

Penyedia jasa outsourcing jasa akuntansi biasanya adalah praktisi akuntansi yang berpengalaman dan ahli di bidang tersebut. Mereka adalah para profesional terlatih yang akan bekerja sama dalam satu tim untuk memastikan bahwa laporan keuangan disajikan secara akurat dan tepat waktu. Konsultan tersebut juga dapat memberikan saran-saran berharga yang dapat membantu meningkatkan kualitas pengambilan keputusan bisnis.

3. Mengurangi biaya pengadaan teknologi

Dengan adanya outsourcing jasa akuntansi, perusahaan tidak perlu melakukan pengadaan software dan hardware untuk melaksanakan proses akuntansi. Penyedia outsourcing umumnya sudah memiliki software dan hardware yang diperlukan untuk melaksanakan seluruh proses akuntansi.

4. Dapat lebih fokus untuk membangun kompetensi utama

Menggunakan outsourcing jasa akuntansi dapat membebaskan pelaku usaha, terutama untuk bisnis yang sedang berkembang, dari kewajiban untuk melakukan tugas-tugas pembukuan yang bukan kompetensi utamanya. Waktu, tenaga, dan konsentrasinya kini dapat digunakan untuk meningkatkan daya saing usahanya di area yang menjadi keahliannya.

5. Mendapatkan ketenangan

Permintaan laporan keuangan dari pemegang saham, kreditur, atau kantor pajak merupakan hal yang dapat menimbulkan stress bagi pelaku bisnis. Dengan bantuan penyedia jasa outsourcing jasa akuntansi, pelaku usaha dapat memperoleh ketenangan bahwa proses tersebut ditangani dengan baik oleh para profesional berpengalaman dan laporan keuangan dapat dikeluarkan kapan saja pada saat dibutuhkan.

Outsourcing jasa akuntansi merupakan solusi praktis untuk bisnis yang sedang berkembang atau bagi perusahaan yang terus menerus mengalami permasalahan dalam proses penyusunan laporan keuangan. Jika anda berada dalam kondisi tersebut, hubungi kami segera.

—–

Untuk informasi lebih lanjut mengenai jasa audit kami, hubungi Kantor Akuntan Publik Ladiman, Novita & Rekan di 62-21-8499 2477 atau pelajari portofolio pekerjaan kami.